Belajar Cara Menggunakan Tensimter Manual Dengan Murah

Tekanan darah adalah salah satu indikator kesehatan pada manusia yang dapat kita cek dengan cukup mudah. Hal ini terbukti ketika kita periksa kesehatan ke Rumah Sakit atau Klinik, pertama kali yang dicek adalah tekanan darahnya. Indikator kesehatan yang satu ini pun sebenarnya perlu dijaga, karena banyak dampak yang terjadi pada kita ketika tekanan darah kita tidak normal.

Salah satu tindakan yang tepat adalah dengan cara melakukan cek tekanan darah secara rutin dan memantaunya setiap saat. Namun apabila kita selalu berkunjung ke Rumah Sakit atau Klinik hal ini tentu akan menyita banyak waktu dan tenaga. Oleh karena itu, ada baiknya anda gunakan tensimter sendiri. Hanya saja, kendalanya adalah tidak bisa menggunakan tensimeter manual sedangkan untuk tensimeter digital harganya masih terlalu mahal.

Tidak perlu khawatir, karena saya akan bagikan kepada pembaca semua bagaimana cara mengukur tekanan darah dengan tensimter manual. Ada dua jenis tensimeter manual, yaitu tensimter jarum dan tensimter.

Langkah – langkah Menggunakan Tensimter Manual

Berikut ini step by step atau langkah – langkah untuk mengukur tekanan darah dengan menggunakan tensimeter manual.

  1. Siapkan alat tensimter anda
  2. Pasanglah manset tensimeter dengan cara yang benar, lihat tanda untuk arteri di bagian bawah.
  3. Tempatkan manometer (jika anda gunakan tensimeter jarum) pada tempat yang mudah kita melihatnya. Atau pgeng dengan tangan kiri
  4. Putar katup pelepas udara pada bola tensi ke arah menutup
  5. Gunakan stetoskop untuk hasil yang lebih akurat
  6. Pakailah stetoskop dan tempelkan pada lengan (letak arteri) berada
  7. Pompa hingga jarum manometer atau raksa menunjukan angka 180 mmHg, atau lebih untuk anda yang memiliki darah tinggi
  8. Lepas katup pelepas perlahan – lahan, dan dengar suara denyut nadi sambil melihat angka pada manometer
  9. Ingat – ingat di angka berapa ketika anda mendengar denyut paling keras untuk pertama kali, dan di angka berapa denyut tersebut hilang hampir seperti suara angin.
  10. Denyut paling keras itulah angka Sistolik sedangkan suara detak yang hampir hilang itulah angka diastolic

Untuk dpat bisa menggunakan secara mahir maka anda harus selalu berlatih menggunakannya agar terbiasa dan peka. Demikain yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Untuk anda yang membutuhkan alat tensi darah anda bisa kunjungi Distributor Alat Kesehatan di dekat anda. Atau anda bisa membelunya secara onlinr. Sekian, Semoga bermanfaat untuk anda yang membutuhkan.

Posted in Uncategorized