Buah Naga Merah Yang mempunya banyak Khasiat

Buah Naga Merah Yang mempunya banyak Khasiat

Buah Naga Merah Yang mempunya banyak Khasiat

Buah naga merah dikelompokkan ke dalam keluarga tanaman kaktus meskipun dikenal sebagai buah dari asia, tanaman ini aslinya berasal dari meksiko amerika tengah dan amerika selatan Jual Bibit Tanaman. pada tahun 1870, bangsa perancis membawa buah naga dari guyana ke vietnam sebagai tanaman hias. karena rasanya manis buah naga kemudian dikonsumsi secara luas di vietnam dan china.

Buah Naga yang banyak disukai

Diindonesia buah naga mulai populer sejak tahun 2000. tidak jelas benar siapa yang pertama kali mengembangkannya tapi diperkirakan buah naga yang masuk ke negeri kita berasal dari thailand dan dibudidayakan oleh para penghobi tanaman secara sporadis Jual Bibit Tanaman. Tanaman buah naga merah ini juga mempunyai nama latin yaitu Hylocereus polyrhisus. Budidaya buah naga sangat cocok dengan kondisi iklim dan alam indonesia. tanaman yg tumbuh optimal pada ketinggian 0 sampai 350 meter dpl dengan curah hujan sekitar 720 mm per tahun. suhu udara ideal bagi pertumbuhan buah naga berkisar 26 – 36 derajat celcius. untuk menghasilkan buah mangga merah yang baik pertama kita harus memilih bibit dari buah naga yang berkualitas.

Tanaman buah naga bisa diperbanyak dengan cara vegetatif dan Generatif. secara generatif yaitu memperbanyak tanaman dari biji. benih diambil dengan cara mengeluarkan biji dari buah naga terpilih. cara ini sedikit sulit dan biasanya dilakukan oleh para penangkar berpengalaman. Vegetatif relatif lebih banyak dipakai karena lebih mudah. budidaya buah naga dengan cara vegetatif lebih cepat menghasilkan buah. selain itu, sifat tanaman induk bisa dipastikan menurun pada anaknya. untuk mempersiapkan budidaya buah naga kebutuhan bibit untuk budidaya buah naga seluas 1 hektar sekitar 6.000 – 1.000. jumlah bibit yang diperlukan tergantung pada metode tanam dan pengaturan jarak tanam. Kali ini saya akan membahas metode budidaya buah naga dengan tiang panjat tunggal. dengan sistem ini dibutuhkan tiang panjat sebanyak 1.600 batang dengan kebutuhan bibit tanaman sebanyak 6.400 bibit.

Budidaya Buah Naga merah yang banyak keuntugan

Dalam budidaya buah naga yang panjang sangat diperlukan untuk menopang tumbuhan buah naga di tiang panjat biasanya dibuat permanen dari beton.  bentuk tiangnya bisa pilar segi empat atau silinder dengan diameter sekitar 10 – 15 cm. buatlah tiang panjat tersebut secara berbaris, jarak tiang dalam 1 sampai 2,5 meter sedangkan jarak antar baris 3 m. jarak ini juga sekaligus menjadi jarak tanam di antara barisan buat saluran drainase sedalam 25 cm. setelah tiang panjat disiapkan buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 X 60 dengan kedalaman 25 cm. posisi yang panjang persis terletak di tengah lubang tanam tersebut. campuran 10 kg pasir dengan tanah galian untuk menambah porositas tanah ditambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah matang sebanyak 10 – 30 kg. ditambahkan juga dolomit atau kapur pertanian sebanyak 300 gram karena buah naga memerlukan banyak kalsium, aduk bahan tersebut hingga merata. setelah dua sampai tiga hari, berikan pupuk TSP sebanyak 25 gram. pemberian pupuk melingkari yang panjang dengan jarak sekitar 10 cm dari tiang. biarkan selama kurang lebih 1 hari gini lubang tanam siap untuk ditanami.

Pada masa awal pertumbuhan pupuk yang dibutuhkan harus mengandung banyak unsur nitrogen. pada fase berbunga atau berbuah gunakan pupuk yang banyak mengandung fosfor dan kalium. pemakaian urea tidak dianjurkan untuk memupuk buah naga karena sering mengakibatkan busuk batang. penyiraman bisa dilakukan dengan mengalirkan air pada varitase. selain itu juga bisa menggunakan gambar atau irigasi tetes. sistem irigasi tetes lebih hemat air dan tenaga kerja. namun, perlu investasi yang cukup besar. penyiraman bisa dikurangi atau dihentikan ketika tanaman mulai berbunga dan berbuah. pengurangan atau penghentian penyiraman bertujuan untuk menekan pertumbuhan tunas baru sehingga pertumbuhan buah bisa maksimal. Klik Jual Bibit Tanaman.

Posted in taman