Cara Menanamkan kecintaan membaca pada anak

Menanamkan kecintaan membaca pada anak adalah warisan yang paling baik. Mengajar anak anak bisa membaca itu baik tapi ada yang lebih baik lagi ya ini memotivasi anak untuk mau dan senang membaca. Tentu saja balita dan bayi itu belum bisa membaca. Lantas Bagaimana cara untuk mengajari anak balita? Caranya ya ini membacakan cerita kepada anak bayi dan balita. Membacakan buku untuk anak bayi dan balita itu sangat penting Mengapa demikian?

Dibacakan buku anak-anak belajar untuk berfikir secara kreatif dan dalam image mereka membaca adalah aktivitas yang menyenangkan, mengajarkan anak untuk mengapresiasi sebuah tulisan termasuk bahasa dan kosa kata yang ada di tu tulisan. Dan yang paling penting dengan membacakan buku anak-anak hal itu bisa menjadi ajang untuk berkumpul dengan anak-anak. Tak ada yang bisa mengalahkan quality tayang ini disaat orang tua membacakan buku anak-anak sambil berpelukan.

Yang perlu dilakukan orang tua saat membaca buku untuk anak-anak yakni

  • Bacakan dengan keras bayimu akan mendengarkan
    Bayi yang baru lahir telah mendengarkan suara-suara dari orang-orang sekitarnya sejak ia masih di dalam rahim. Bayi yang baru lahir pun sudah secara otomatis bisa mengenali suara Ibu mereka sesaat setelah bayi itu lahir. Dan bayi itu bisa membedakan mana suara Ibunya mana suara orang lain.
  • Tentunya allah memiliki alasan yang sangat penting Mengapa bayi itu Indra yang berkembang lebih dahulu adalah Indra pendengarannya. Bayi-bayi itu bisa mendengarkan suara suara manusia yang berjumlah banyak sekali sebelum bayi-bayi itu bisa mengucapkan satu kata pun. Oleh karena itu dalam dalam ajaran Islam al Quran sebanyak-banyaknya ketika bayi itu masih berada dalam kandungan.
  • Berbicara kepada bayi adalah hal yang sangat penting bahkan walaupun mereka masih berada di dalam kandungan. Kontak mata ketika memegangnya dan berbicara bercakap-cakap kepada bayi yang baru lahir bisa menciptakan bonding dan mengajarkan kepada bayi-bayi itu tentang pentingnya komunikasi antara manusia.
  • Biasakan untuk membaca buku secara keras untuk dan memperdengarkan Nya kepada anak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak atau kemampuan bahasa anak.
  • Tidak ada istilah terlalu muda untuk memberikan buku bergambar kepada anak. Apalagi sekarang ini banyak buku dengan gambar yang sangat akik catching dan berwarna-warni cerita dengan bahasa sederhana dan bahkan dengan ukuran kertas yang setebal karton sehingga tidak mudah disobek yang dipersiapkan untuk mengenalkan buku kepada anak sejak usia dini. Buku-buku dengan bahasa yang sederhana itu diharapkan bisa merangsang minat baca si kecil. Telah banyak bukti bahwa anak-anak yang dibiasakan untuk membaca dari dia masih kecil memiliki kosakata yang lebih baik dan lebih banyak dibandingkan teman-temannya di sekolah. Namun Jangan terpaku pada buku-buku anak saja untuk mengajarkan kepada mereka. Carilah buku-buku lain yang menarik dan bermanfaat. Ada banyak buku yang bisa diberikan ke anak. salah satunya adalah Fun Thinkers. Buku impor dari Grolier Scholastik yang di indonesia diimpor oleh PT Widya dara.
  • Apakah moms sekalian suka membaca koran atau artikel artikel di internet? Cobalah membacanya dengan keras dan per dengarkan kepada bayi /anak mama.
  • Berbagai macam kosakata yang diperdengarkan kepada anak akan menambah perbendaharaan bahasa anak. Bahkan mereka mungkin tidak peduli terhadap apa yang mama sekalian bicarakan. Anak-anak atau bayi tidak memiliki konteks untuk kata-kata yang mereka dengar sebaliknya bayi akan melihat konteks bagaimana cara Mama sekalian membacanya dan bagaimana emosi saat membacanya.
  • Atau Mama sekalian suka membaca novel? Berbagi novel favorit dengan anak-anak?

Orangtua yang berlomba-lomba untuk mengajari anaknya belajar huruf sedari dini. Banyak orang tua yang bangga bila anaknya yang bisa mengeja huruf di usia balita. Bahkan di sekolah dasar pun ada yang menjadikan membaca adalah syarat untuk masuk sekolah dasar tersebut. Lalu muncul sebuah wacana apakah anak harus sudah bisa membaca sebelum sekolah dasar? Lalu Apa tugas guru kelas 1 SD?

Pada akhir-akhir ini semakin banyak berbagai cara yang dilakukan untuk membuat anak menjadi jenius menurut Versi mereka. Banyak metode-metode yang dipasarkan agar anak menjadi seperti yang pasar inginkan. Contohnya dari metode Glenn doman untuk anak-anak bahkan bayi belajar membaca, selalu ada juga metode sisnida method yang informasi bisa bikin anak mempunyai memori fotografi. Bahkan anak disuruh belajar dengan metode ini sedari bayi. Sejak umur 2 tahun banyak anak-anak yang sudah disekolahkan di Preschool Plus yang metode belajarnya juga nggak main-main. Anak disuruh untuk serius.. Anak di dudukan di kursi seperti fokus sekolah formal dengan bahasa pengantar bilingual.

 

Posted in parenting