Perjalanan Masjid agung demak

 Perjalanan Masjid agung demak

Masjid agung demak

Masjid agung demak merupakan masjid tertua salah satunya di indonesia. masjid tersebut terletak di kampung kauman kelurahan bintoro kecamatan demak jawa tengah kabupaten indonesia titik dilihat dari depan masjid agung demak berbentuk seperti joglo layaknya rumah tradisional orang jawa.

Arsitektur kubah masjid agung demak

Masjid agung demak tersebut mempunyai bangunan-bangunan induk dan serambi. bangunan dari masjid agung demak ini memiliki empat tiang utama yang disebut saka guru. dari salah satu tiang utama tersebut berasal dari serpihan-serpihan kayu. sehingga dinamai saka tatal. bangunan serambi pada masjid agung demak tersebut merupakan bangunan terbuka atap dari masjid tersebut berbentuk limas yang ditopang delapan tiang yang disebut saka majapahit. atapnya berbentuk limas yang yang terdiri dari tiga bagian yang menggambarkan 1.52 islam di gaisan. di masjid tersebut terdapat pintu bledeg tersebut mengandung arti candrasengkala yang dapat dibaca naga mulat salira warna-warni dengan makna tahun 1388 saka dan 1466 m. dalam lokasi kompleks masjid agung demak ini terdapat beberapa macam kerajaan atau raja – raja kesultanan demak termasuk diantaranya adalah sultan fatah yang merupakan raja pertama kesultanan demak dan para artinya. di kompleks masjid tersebut terdapat juga museum masjid agung demak yang berisi berbagai sejarah, riwayat rhoma mengenai masjid agung demak tersebut dan sejarah keislaman di indonesia.

Sejarah dari masjid agung demak

Masjid agung demak dulunya pernah dipercayai menjadi tempat berkumpulnya para ulama atau wali yang menyebarkan agama islam di tanah jawa yang disebut dengan wali songo. pendiri masjid tersebut diperkirakan adalah raden patah yaitu raja pertama dari kesultanan demak sekitar abad ke-15 masehi. raden patah bersama wali songo mendirikan masjid yang karismatik ini dengan memberi harapan gambaran serupa bulus. merupakan candrasengkala memet, dengan arti sarira sunyi kiblat inggris yang bermakna tahun 1401 saka. gambar bulus terdiri atas kepala yang berarti angka 1,4 kaki berwarna angka 4, badan blues berarti angka nol, ekor plus berarti angka 1 dari simbol tersebut kita bisa memperkirakan bahwa masjid agung demak berdiri pada tahun 1401 saga. masjid agung demak ini juga didirikan pada tahun pada tanggal 1 safar.

Wisata di masjid agung demak

Masjid agung demak ini merupakan salah satu potensi wisata di jawa islam atau religi di wilayah jawa tengah di sekitar masjid tersebut terdapat museum yang menjelaskan beberapa sejarah masjid tersebut, sejarah islam dan kesultanan demak. dimana dulunya masjid tersebut menjadi tempat berkumpulnya para wali songo yang menyebar islam ke seluruh pulau jawa. setiap hari besar islam masjid ini selalu banyak dikunjungi para wisatawan yang berkunjung hanya untuk beribadah dan mampir beristirahat. Maka dari itu masjid agung demak tersebut menjadi salah satu wisata di daerah demak jawa tengah.

Posted in Masjid